Followers

Support Us

Jangan Menunggu Momen untuk Berubah

Kehidupan yang lebih baik adalah dambaan setiap orang. Kehidupan yang bagaimanakah yang dikatakan baik? itu tergantung dari persepsi masing-masing orang tentang makna kehidupan. namun, tidak semua orang dapat merealisasikan impian mereka untuk kehidupan yang lebih baik. Sebagian orang melakukan introspeksi diri sebagai cara untuk memperbaiki kehidupan. Momen tahun baru kerap dijadikan banyak orang sebagai momen untuk introspeksi diri menuju perubahan kehidupan yang lebih baik. Tapi, kalau dipikir-pikir, apa ga kelamaan nunggu penghujung tahun dulu baru mau introspeksi diri? Satu tahun terdiri dari 365 hari = 8.760 jam !!! Apa cukup dalam 8.760 jam sekali kita melakukan introspeksi diri untuk kehidupan yang lebih baik, Sementara hampir dalam setiap tindakan, kita melakukan kesalahan yang butuh perbaikan? Saya rasa tidak. . . .

Hidup adalah perubahan, barang siapa yang tidak ada perubahan dalam hidupnya, sesungguhnya ia telah mati.

Kenapa tidak kita jadikan setiap hari, bahkan setiap tindakan yang kita lakukan sebagai momen perubahan? itulah pemanfaatan waktu yang sesungguhnya. hidup itu perubahan sob. . . kualitas hidup kita ditentukan oleh seberapa baik kita dalam mengatur waktu. Tiap orang mempunyai jatah waktu yang sama, 24 jam satu hari. tugas kita adalah bagaimana cara kita mengalokasikan waktu-waktu tersebut untuk perbuatan baik dan selalu mengintrospeksinya. So, jangan pernah buang-buang waktu. Waktu tidak akan pernah menunggu sampai kita siap untuk mengaturnya, tapi kitalah yang menentukan apakah kita siap untuk mengatur waktu.

pada hakikatnya, tidak hanya setiap tahun umur kita bertambah, tetapi setiap hari, bahkan setiap saat. itu berarti jatah umur kita di dunia setiap saat berkurang, maka alangkah meruginya diri ini jika melewatkan setiap saat dengan sia-sia.

“Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung.” (H.R Bukhari)

Hadist tersebut menyuruh kita untuk memperbaiki kualitas hidup kita setiap harinya, bukannya setiap tahun nunggu dulu momen akhir tahun. Tapi, tidak ada salahnya jika akhir tahun kita introspeksi diri secara kolektif satu tahun amal perbuatan kita.

Jadikan setiap perbuatan yang kita lakukan sebagai momen perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar